Cara Melembutkan Rambut Kasar Secara Alami 

Cara Melembutkan Rambut Kasar Secara Alami 

Metroterkini.com - Memiliki rambut yang sehat dan juga lembut jadi keinginan banyak orang. Rambut merupakan bagian yang bisa diatur sedemikian rupa sehingga membuat tampilan lebih menarik, terutama bagi kaum hawa.

Rambut yang lembut dan tampak memesona, akan membuat kita lebih percaya diri. Sayangnya, kondisi rambut tak selalu halus dan mudah diatur.

Kadang kala rambut sangat kasar, kering dan rontok. Untuk membuat rambut yang tebal dan memesona, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan memberi nutrisi tambahan bagi rambut, yang bisa kamu dapatkan pada produk perawatan rambut seperti kondisioner.

Kini kondisioner tidak hanya hadir dalam bentuk kondisioner bilas saja loh. Telah hadir terobosan dari PANTENE berupa kondisioner tanpa bilas yaitu PANTENE Perfec+ On. Formula di dalamnya mengandung kekuatan 20 vitamin yang dapat membantu menutrisi rambut dan menjadikannya terasa lebih lembut sepanjang hari dan mudah diatur sepanjang hari. Selain itu, bentuknya yang mungil dan stylish juga memungkinkan kamu untuk mebawanya kemana saja dan kapan saja untuk menjadi icon OOTD.

Kini kondisioner tidak hanya hadir dalam bentuk kondisioner bilas saja loh. Telah hadir terobosan dari PANTENE berupa kondisioner tanpa bilas yaitu PANTENE Perfec+ On. Formula di dalamnya mengandung kekuatan 20 vitamin yang dapat membantu menutrisi rambut dan menjadikannya terasa lebih lembut sepanjang hari dan mudah diatur sepanjang hari. Selain itu, bentuknya yang mungil dan stylish juga memungkinkan kamu untuk mebawanya kemana saja dan kapan saja untuk menjadi icon OOTD.

Cara Melembutkan Rambut secara Alami dan Permanen

Memiliki rambut yang lembut ternyata bisa kamu lakukan menggunakan bahan alami. Bahan alami yang digunakan pastinya sangat mudah didapat.  Buat kamu yang ingin melembutkan rambut, gunakan saja bahan-bahan berikut.

Madu

Madu merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat. Selain berguna untuk kesehatan kulit dan menjaga daya tahan tubuh, madu ternyata bisa digunakan sebagai cara melembutkan rambut secara alami.

Ternyata madu memiliki khasiat untuk melembapkan rambut sehigga lambut akan selalu halus. Cara menggunakannya, setelah keramas usapkan madu ke seluruh bagian rambut, kemudian tunggu beberapa saat dan bilas dengan air hangat hingga bersih.

Pisang

Pisang ternyata memiliki kandungan vitamin yang bisa digunakan untuk melembutkan, melembapkan serta merawat rambut agar tidak kusam dan juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi ketombe.

Cara penggunaan pisang untuk melembutkan rambut yaitu siapkan satu buah pisang, kupas dan haluskan. Ratakan pisang yang sudah halus ke seluruh bagian rambut. Bilas menggunakan air bersih

Avokad

Kandungan lemak yang ada pada avokad ternyata bisa melembapkan rambut dan membuat rambut menjadi halus. Selain itu, avokad juga bisa digunakan untuk mencegah rambut kering serta bercabang.

Caranya, kamu cukup menghancurkan avokad yang suda masak, kemudian blender dengan air secukupnya. Gunakan jus avokad tersebut sebagai masker rambut dan bilas hingga bersih

Cara Meluruskan dan Melembutkan Rambut

Selain rambut yang lembut, rambut lurus juga menjadi incaran setiap orang. Karena rambut lurus terkesan rapi dan juga lebih mudah dibentuk. Cara melembutkan rambut dan meluruskan rambut ini tentunya bisa kamu praktikkan di rumah dengan mudah

Minyak jarak

Minyak yang satu ini ternyata juga bisa digunakan untuk melembutkan rambut. Perawatan dengan minyak jarak ini pastinya akan berfungsi ketika kamu melakukan secara rutin. Selain itu minyak jarak mengandung asam risinolat yang bisa menjaga kebersihan rambut.

Kamu hanya perlu menghangatkan 100ml minyak jarak kemudian usapkan pada rambut dan tutup kepala menggunakan handuk hangat. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas.

Minyak zaitun

Selain bisa digunakan untuk perawatan tubuh, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk melembutkan rambut. Kandungan vitamin dan mineral pada minyak zaitun sangat bermanfaat sebagai cara melembutkan rambut. Caranya sangat mudah, cukup oleskan minyak zaitun ke seluruh rambut kemudian diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Minyak kelapa

Kandungan yang terdapat pada minyak kelapa pastinya sangat ampuh digunakan sebagai cara menghaluskan rambut serta meluruskan rambut. Cukup oleskan minyak kelapa dari pangkal hingga ujung rambut kemudian diamkan selama 10-15 menit lalu bilas menggunakan sampo hingga bersih.


Cara Melembutkan Rambut Pria

Selain wanita, sebagian dari pria tentu menginginkan rambut yang lembut juga. Hal ini disebabkan karena lembutnya rambut membuat pria lebih mudah mengaturnya ketika ingin menggunakan gel. Buat yang ingin melembutkan rambut, cara ini bisa dicoba.

Cara Membuat Minyak Kemiri

Kemiri

Kemiri memang dikenal sebagai bahan alami yang bisa menumbuhkan dan melembapkan rambut. Selain itu kemiri juga bisa digunakan untuk menghitamkan rambut dan juga melembapkan rambut secara alami. Kamu cukup balurkan minyak kemiri ke seluruh kepala kemudian pijat perlahan sampai minyak terserap. Diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.

Lidah buaya

Dipercaya dapat menyuburkan rambut, ternyata lidah buaya juga bisa digunakan untuk melembutkan rambut. Kamu hanya perlu mengambil gel yang ada pada lidah buaya kmeudian usapkan ke rambut dan juga kulit kepala. Diamkan selama 30 menit lalu bilas menggunakna sampo hingga bersih.

Gunakan kondisioner dan vitamin rambut secara rutin

Setelah keramas, kamu harus menggunakan kondisioner agar rambut senantiasa halus dan lembut. Penggunaan kondisioner selain melembutkan rambut juga bisa menjaga agar rambut sehat berkilau. Selanjutnya kamu harus menggunakan vitamin rambut secara rutin agar rambut tetap lembut dan indah.

Rambut yang kasar dan juga kaku seperti ijuk, pastinya menjadi kesulitian tersendiri bagi kamu yang ingin menata rambut. Coba lembutkan rambut dengan bahan alami berikut.

Seledri

Kamu bisa menggunakan seledri sebagai cara melembutkan rambut yang kasar seperti ijuk. Nutrisi yang terdapat pada seledri mampu membuat rambutmu tebal, hitam dan juga lembut. Berikut caranya:

Siapkan 100 gram seledri
Rebus sampai mendidih daun seledri dengan air
Ratakan air rebusan seledri tersebut ke seluruh rambut
Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas hingga bersih.

Gunakan masker rambut

Masker rambut instan bisa kamu temukan dengan mudah di pasaran dengan harga yang terjangkau. Gunakan masker rambut instan seminggu sekali setelah keramas untuk mendapatkan rambut yang halus dan lembut.

Mayonaise

Tak banyak orang yang tahu ternyata mayonais bisa digunakan sebagai cara melembutkan rambut. Bahan makanan yang asam ini ternyata mengandung beberapa bahan yang mampu menjaga kelembutan rambut. Seusai keramas, usapkan mayonaise ke seluruh rambut dan tutup menggunakan handuk hangat selama 30-60 menit. Lalu bilas juga menggunakan sampo sampai bersih.

Memiliki rambut yang kasar dan mengembang juga menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para wanita. Rambut yang mengembang dan kasar, terlihat kurang rapi dan berantakan. Kamu bisa melembutkan rambut dengan cara berikut.

Jeruk nipis atau lemon

Kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk atau lemon ternyata bisa membuat rambut lembut dan tampak berkilau secara alami. Kamu hanya perlu menyiapkan 3 buah jeruk nipis atau 2 buah lemon kemudian campurkan dengan 500-1000 ml air. Gunakan ramuan tersebut setelah keramas kemudian diamkan beberapa menit lalu bilas hingga bersih

Teh hijau

Rebus satu sendok teh hijau dengan air, tunggu sampai hangat, kemudian usapkan ke seluruh permukaan kepala dan rambut. lakukan pijatan ringan selama 5 menit dan bungkus dengan handuk atau shower cap selam 30 menit lalu bilas dengan air dingin

Overnight treatment dengan minyak

Kamu bisa menggunakan minyak kemiri, minyak zaitun, minyak cemc-ceman dan minyak lainnya untuk melakuakn overnight treatmen pada rambutmu. Hal ini pastinya sangat ampuh digunakan sebagai cara melembutkan rambut.

Cukup usapkan minyak ke seluruh rambut dan kepala sebelum tidur, kemudian bungkus dengan handuk dan diamkan semalaman saat tidur. Pagi harinya cukup bilas dengan sampo hingga bersih, dan rambutmu akan sangat lembut.

Banyak cara yang bisa digunakan untuk melembutkan rambut, sudah menentukan yang mana yang akan kamu coba? [mut-met]

Berita Lainnya

Index